Apa itu MD5 Hash dan Bagaimana Gunakan?

Written By dika on Rabu, 16 Maret 2011 | 21.37

Apa itu MD5 Hash dan Bagaimana Gunakan? 
 
Dalam posting ini saya akan menjelaskan tentang salah satu favorit dan menarik algoritma kriptografi saya disebut MD5 (Message-Digest algorithm 5). Algoritma ini terutama digunakan untuk melakukan pemeriksaan integritas file dalam berbagai situasi. Di sini saya tidak akan melompat ke aspek teknis dari algoritma ini, agak akan memberitahu Anda tentang bagaimana memanfaatkan algoritma ini dalam kehidupan sehari-hari Anda. Sebelum saya memberitahu Anda tentang bagaimana menggunakan MD5, saya ingin berbagi satu pengalaman terakhir saya yang membuat saya mulai menggunakan algoritma MD5. 


Baru-baru ini saya membuat beberapa perubahan yang signifikan dan update ke website saya dan jelas saya menghasilkan cadangan lengkap dari situs di server saya. Saya download backup ini ke PC saya dan dihapus yang asli pada server. Tapi setelah beberapa hari sesuatu yang tidak beres dan aku ingin mengembalikan cadangan yang saya download. Ketika saya mencoba untuk mengembalikan cadangan Saya terkejut! File backup yang saya gunakan untuk mengembalikan dikorupsi. Itu berarti, file cadangan yang saya download ke PC saya tidak persis yang ada di server saya. Alasannya adalah bahwa ada beberapa terjadi kehilangan data selama proses download. Ya, ini kehilangan data bisa terjadi sering ketika file di-download dari Internet. File dapat rusak karena salah satu alasan berikut.

    
* Data kerugian selama proses download, karena ketidakstabilan dalam koneksi internet / server
    
* File dapat dimodifikasi karena infeksi virus atau
    
* Karena serangan Hacker 


Jadi, setiap kali Anda men-download data yang berharga dari Internet itu benar-benar perlu bahwa Anda memeriksa integritas dari file download. Itu adalah Anda perlu memastikan bahwa file yang didownload adalah persis sama dengan yang asli. Dalam skenario ini hash MD5 bisa menjadi berguna. Yang harus Anda lakukan adalah menghasilkan hash MD5 (atau MD5 check-sum) untuk file dimaksud pada server Anda. Setelah Anda men-download file tersebut ke PC Anda, lagi-lagi menghasilkan hash MD5 untuk file download. Bandingkan kedua hash dan jika cocok maka itu berarti bahwa file di-download sempurna tanpa kehilangan data. 


Sebuah hash MD5 tidak lain adalah nomor 32 digit hexadicimal yang dapat sesuatu sebagai berikut
Sebuah Contoh MD5 Hash e4d909c290d0fb1ca068ffaddf22cbd0
hash ini unik untuk setiap file terlepas dari itu ukuran dan tipe. Itu berarti dua. File exe dengan ukuran yang sama tidak akan memiliki hash MD5 yang sama meskipun mereka jenis dan ukuran yang sama. Jadi MD5 hash dapat digunakan untuk secara unik mengidentifikasi sebuah file. 


Cara menggunakan MD5 Hash untuk memeriksa Integritas File? 


Misalnya Anda memiliki file bernama backup.tar pada server Anda. Sebelum Anda men-download, Anda perlu untuk menghasilkan hash MD5 untuk file ini di server Anda. Untuk melakukannya gunakan perintah berikut. 


Untuk UNIX: md5sum backup.tar
Ketika anda menekan ENTER Anda akan melihat sesuatu sebagai berikut e4d909c290d0fb1ca068ffaddf22cbd0
 
Ini adalah hash MD5 untuk backup.tar file. Setelah Anda download file ini ke PC Anda, Anda dapat cross check dengan integritas itu lagi hash MD5 menghasilkan ulang untuk file download. Jika kedua hash cocok maka itu berarti bahwa file tersebut adalah sempurna. Jika tidak berarti bahwa file tersebut rusak. Untuk menghasilkan hash MD5 untuk file didownload pada PC Windows Anda menggunakan tool freeware berikut 


MD5 Summer (Klik pada link untuk mendownload) 


Saya harap Anda menyukai posting ini. Untuk keraguan lebih lanjut dan klarifikasi silahkan lewat komentar Anda.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda,Segala Kritik Dan Saran Menjadi Perbaikan ADMIN.Mohon Jangan Menampilkan Email Anda Dalam Komentar, Demi Privasi Email Anda.

Masukan Email Anda Untuk BErlangganan Konten HACKING

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner